Search

Waspada! Komplotan Pemalsu Identitas untuk Kredit Handphone ... - Tribun Bali

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Jajaran Unit Reskrim Polsek Kuta, Badung, Bali berhasil mengungkap kasus pemalsuan identitas KTP dan SIM yang digunakan untuk melakukan kredit handphone beberapa waktu lalu.

Dua pelaku yang berhasil ditangkap berinisial Mely (29) dan Yanto (32).

"Mereka menggunakan KTP palsu tapi nomor KTP-nya itu sama berturut-turut sampai empat periode di finance untuk melakukan kredit pembelian handphone. Curiga akhirnya korban finance melaporkan hal ini ke kita lalu dilakukan penyelidikan," jelas Kompol I Nyoman Wirajaya, Rabu (27/12/2017) di Mapolsek Kuta kepada awak media.

Ia menegaskan, kedua pelaku melakukan kredit handphone secara resmi namun menggunakan data palsu yang dibuat dengan printer.

Dimana pelaku mendapatkan cara membuat identitas palsu dari akun sosial media Youtube.

Dari kedua pelaku, barang bukti yang diamankan yakni dua KTP palsu, SIM A palsu, dokumen pengajuan kredit handphone yang telah disetujui, satu unit printer merk HP, uang tunai Rp 4.655.000 dan satu unit handphone merk Samsung jenis Note 8.

Hasil handphone yang dikredit pelaku lalu dijual di Pulau Jawa dengan harga lebih murah dan uang hasil penjualan tersebut dibagi.

"Pengakuan pelaku telah berhasil melakukan modus ini dan menggasak sebanyak sekira 16 handphone jenis premium yang rata-rata harga handphonenya di atas Rp 8 juta. Mereka merupakan komplotan dan pelaku lain dalam komplotannya masih dalam pengejaran," paparnya.

Komplotan ini melakukan kredit handphone dengan identitas palsu  di beberapa toko handphone di kawasan Kuta dan Teuku Umar, Denpasar.

Mely dan Yanto dijerat Pasal 263 KUHP dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.(*)

Let's block ads! (Why?)


Baca Kelanjutan Waspada! Komplotan Pemalsu Identitas untuk Kredit Handphone ... - Tribun Bali : http://ift.tt/2CeOCwo

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Waspada! Komplotan Pemalsu Identitas untuk Kredit Handphone ... - Tribun Bali"

Post a Comment

Powered by Blogger.