Search

Harga Laptop di Mangga Dua Naik Gara-gara Dolar AS Ngamuk - Detikcom (Siaran Pers)

Jakarta - Mata uang dolar Amerika Serikat (AS) kembali menunjukkan dominasinya terhadap Rupiah. Kemarin dolar AS sempat tembus level Rp 14.729.

Pelemahan mata uang rupiah yang terus turun sejak beberapa bulan terakhir berdampak pada harga laptop dan aksesorinya.

Hal tersebut dikatakan Salah satu Pedagang di Gedung Harco Mangga dua Jakarta Utara Gunawan, ia menjelaskan sudah sebulan ini harga laptop naik sekitar 10%.

"Nggak per merek dan per jenis, cuma untuk penjualan harga laptop hampir naik semua 10%," ujarnya kepada detikFinance, Jumat (31/8/2018).
Gunawan menjelaskan kenaikan tersebut berlangsung secara bertahap. Mulai dari harga di flayer dan distributor suplier sampai harga yang ditentukan oleh retail.

"Bertahap naiknya. Sudah dua kali naik," kata dia.

Harga Laptop di Mangga Dua Naik Gara-gara Dolar AS NgamukFoto: Selfie Miftahul Jannah/detikFinance

Ia menjelaskan kenaikan tersebut sudah ditentukan oleh suplier pemasok di Mangga Dua. Meski mengalami kenaikan, Suci mengaku banyak masyarakat yang memilih Acer dibandingkan merek-merek lain.

Terutama untuk konsumen yang membeli secara online untuk dikirim ke Kalimantan dan beberapa daerah di kawasan timur Indoensia.

Dolar Capai Rp 14.800, Harga Ponsel Masih Normal, tonton videonya di sini:
[Gambas:Video 20detik]

"Meski Acer terbilang mahal, tapi orang orang timur lebih banyak yang mau beli Acer. Memang barangnya sama seperti yang lain bagus dan mungkin disana banyak service centernya kalau rusak," kata dia.

Sementara itu ada pula Gunawan yang menjual aksesoris laptop sampai handphone. Ia menjelaskan, kenaikan harga dolar tidak langsung terdampak pada produk yang dia beli di suplier. Namun, belakangan dalam satu bulan ini keyboard yang biasa ia jual dengan harga Rp 200.000 harus ia naikan Rp 210.000.


Selain itu ada pula cooling pad yang ia jual dengan harga Rp 100.000 ia harus menaikkan harga sekitar Rp 12.000.

Selain untuk menambah range keuntungan, kenaikan harga juga dilakukan untuk kebutuhan lain seperti membayar karyawan dan sewa lapak.

"Ada setiap item yang harganya di atas Rp 100.000 itu kerasa naiknya bisa sampai Rp 10.000 sampai Rp 12.000. Tapi kalau untuk yang lain, seperti kabel kan itu ada yang harganya Rp 30.000 itu nggak kerasa kan karena murah, paling naik Rp 32.000 sampai Rp 35.000," jelasnya.

(dna/dna)

Let's block ads! (Why?)


Baca Kelanjutan Harga Laptop di Mangga Dua Naik Gara-gara Dolar AS Ngamuk - Detikcom (Siaran Pers) : https://ift.tt/2wtJejQ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Harga Laptop di Mangga Dua Naik Gara-gara Dolar AS Ngamuk - Detikcom (Siaran Pers)"

Post a Comment

Powered by Blogger.