Search

TERUNGKAP! Ternyata Begini Cara Penyelundup Masukan Handphone dari Singapura ke Batam - Tribun Batam

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Sebagai wilayah perbatasan yang berdekatan dengan negara tetangga Singapura dan Malaysia, Batam menjadi salah satu kawasan yang sering dijadikan tempat transit handphone selundupan.

Beberapa waktu lalu petugas Lanal Batam mengamankan ribuan HP di perairan Batam. Hal yang sama sebelumnya juga dilakukan oleh petugas Bea dan Cukai (BC) Batam.

Kasi penindakan BC Batam Fabian Cahyo Wibowo, Kamis (6/12/2018) sore mengatakan, ada beberapa modus para pemain HP untuk menyelundupkan barang bawaanya ke Batam.

Seperti membawa beberapa unit dari Singapura, atau bermain jumlah besar dengan cara mengangkut menggunakan speedboat.

Baca: Pakai Modus Tukar Koin Pemenang dengan Uang, Polisi Bekuk 4 Orang Tersangka Judi Gelper di Jodoh

Baca: Keruk Rp 315 Juta Setelah Tipu 65 Pencaker Muka Kuning, MS : Bukan Hanya Saya yang Makan Uangnya

Baca: Penjual Ngaku Iseng, Simak 5 Fakta Penjualan Blangko E-KTP di Pasar hingga Tokopedia

Baca: Umumkan Kehamilan Lewat Video, Simak 5 Fakta Menarik Terkait Kehamilan Tasya Kamila

Selain itu, Fabian mengatakan, barang yang dibawa dari Singapura itu tidak terjamin barang itu baru. Karena tidak ada pemeriksaan selama ini.

"Biasanya kalau di pelabuhan langsung kita sita. Karena sesuai dengan peraturan, tidak boleh membawa HP lebih dari dua di luar dari handphone pribadinya," sebut Fabian.

Kemudian untuk pemain besar, menurut Fabian para pelaku sangat lihai, apalagi dia menggunakan speedboad dengan kecepatan sangat tinggi.

"Itu yang susah kita tangkap. Karena untuk saat ini, kami tidak mempunyai speedboat seperti mereka. Hanya BC Kepri saja yang punya. Buktinya, mereka sering melakukan penegahan," sebutnya.

Memang untuk di Batam saja, penyelundupan HP ini seolah tidak terbendung. Walaupun banyak yang ditangkap, namun banyak juga yang lolos.

Kita lihat sendiri, Kota Batam banjir HP bekas dengan kualitas baru.

Harganya pun di bawah harga handphone baru. Tak heran, sejauh ini, Batam masih menjadi salah satu daerah seksi bagi pemburu handphone bekas.

Untuk petugas BC Batam sudah melakukan penegahan sebanyak 2.454 handphone batangan.

Itu terhitung dari tahun 2017 hingga November 2018. Belum lagi tangkapam pihal Lanal Batam yang berjumlah Ratusan ribu. (koe)

Let's block ads! (Why?)


Baca Kelanjutan TERUNGKAP! Ternyata Begini Cara Penyelundup Masukan Handphone dari Singapura ke Batam - Tribun Batam : https://ift.tt/2PoUlRM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "TERUNGKAP! Ternyata Begini Cara Penyelundup Masukan Handphone dari Singapura ke Batam - Tribun Batam"

Post a Comment

Powered by Blogger.